Wisata Unggulan di Kampung Tobati untuk Wisatawan PON XX Papua 2021

45

PAPUADAILY – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, Kepala Kampung Tobati, Jasad Derooy Mano menyebutkan telah mempersiapkan 3 objek wisata, yaitu Pulau Metu Debi, Kuburan Tua, dan Ekowisata Mangrove di Kampung Tobati, Distrik Jayapura Selatan.

Jasad menjelaskan, Pulau Metu Debi dipilih, sebab ditinjau dari sisi sejarahnya, di mana merupakan tempat pekabaran Injil pertama kali di Tanah Tabi (Jayapura). Untuk kuburan tua, wisatawan PON XX 2021 dapat melihat dan berziarah secara langsung, ke makam para ondoafi atau tetua adat Kampung Tobati.

Kemudian, katanya, ekowisata mangrove juga ditonjolkan, karna selain menyajikan panorama Teluk Youtefa, spot ini memiliki keunikan, di mana pengunjung wanita dapat masuk ke dalam hutan mangrove khusus perempuan.

Dalam memaksimalkan waktu yang ada, Jasad dan jajaran pemerintahannya di Kampung Tobati, terus berupaya optimal dalam menyiapkan objek wisata dan masyarakatnya. “Persiapan masih berjalan, mulai dari perbaikan sarana penunjang, pendampingan mama-mama Papua untuk kerajinan dan sanggar tari,” kata Jasad.

Lebih lanjut, Jasad menambahkan dari sisi masyarakat Kampung Tobati, akan disiapkan untuk menjadi guide lokal. Sementara itu, untuk pembuatan kerajinan lokal khas Kampung Tobati oleh mama-mama dilakukan dengan swakelola.

Dirinya juga menyebutkan, makanan lokal yang akan disiapkan untuk dijajakan saat PON XX 2021 ialah umbi-umbian, Papeda, ikan laut, udang, kepiting dan santapan khas lainnya.   Disinggung soal dukungan dari pemerintah daerah, Jasad menyampaikan perhatian besar datang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jayapura.  “Mama-mama Kampung Tobati, diberikan pelatihan untuk penyediaan makanan lokal.”

Jasad yang juga sebagai putra daerah asli Jayapura meminta Panitia Besar PON XX 2021, agar membuka diri dalam hal komunikasi dan koordinasi terkait keperluan promosi wisata dan menghimbau kepada masyarakat Kota Jayapura untuk menyukseskan PON XX 2021.

Sebelumnya, untuk diketahui Kampung Tobati ialah kampung yang letaknya strategis, karna berdekatan dengan Jembatan Hamadi – Holtekamp.  Wilayah perairannya, masuk lintasan cabang olahraga dayung dalam event PON XX 2021 mendatang.