Wapres Minta Vaksinasi di Jawa Barat Terus Dipercepat

2

PAPUADAILY –Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta, Pemerintah daerah di Jawa Barat dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus menggenjot distribusi dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat di Jawa Barat. Sebab, percepatan pendistribusian dan pemberian vaksinasi bertujuan agar kekebalan kelompok/herd immunity dapat segera terwujud di Jawa Barat.

Wapres mengingatkan, Jawa Barat menyumbang cukup banyak kasus Covid-19 secara nasional serta berada di urutan kedua tertinggi di Indonesia. “Mengenai percepatan vaksinasi saya sarankan agar selalu dikoordinasikan dari kalangan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dengan Pemerintah Provinsi (Jawa Barat) agar distribusi dan targeting berjalan sesuai dengan sasarannya ,” kata Wapres saat memberi arahan ke seluruh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Kamis (22/7).

Untuk itu, Wapres menilai, perlukan koordinasi yang sinergis antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam percepatan vaksinasi yang bertujuan  menghasilkan kekebalan kelompok. Sebab, berdasarkan Data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Pikobar), pada 21 Juli 2021 tercatat kasus konfirmasi positif mencapai 536 ribu kasus dan Jawa Barat berkontribusi 18 persen terhadap kasus nasional serta berada di urutan kedua tertinggi di Indonesia. Wapres pun berpesan perlu sinergi dan usaha ekstra dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya ingin mendorong dan menfasilitasi agar koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Saya juga ingin mengetahui bahwa semua pihak telah bekerja keras dan telah menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Tapi memang (mengatasi) pandemi perlu ekstra kerja keras dan kerja sama bahu membahu antara pusat dan daerah,” kata Wapres.