Wapres: Kekerasan di Papua Harus Segera Diatasi

5

PAPUADAILY –Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar tindakan kekerasan di Papua dapat diatasi dengan baik baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Ma’ruf juga meminta para aparat melindungi masyarakat sipil serta melakukan penegakkan hukum dan keamanan kepada para perusuh.

“TNI, Polri, BIN akan terus melakukan tugasnya untuk melindungi warga sipil dan melakukan penegakkan hukum dan keamanan kepada para perusuh,” kata Ma’ruf usai memimpin rapat tentang Papua di kediaman resmi Wapres, Senin (1/11/2021).

Hadir dalam rapat ini Menko Polhukam M. Mahfud MD, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Ma’ruf menambahkan, pemerintah juga akan hadir dengan sebaik-baiknya untuk menangani masalah keamanan di Papua. “Pemerintah menangani dengan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsi konstitusional yang mewakili kehadiran negara yang sudah dilakukan penanganan yang sangat baik,” ungkap Wapres.

Ma’ruf menyebutkan, pemerintah memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua. Hal tersebut ditandai dengan diterbitkannya beragam kebijakan afirmasi untuk tanah Papua.

Ke depan, akselerasi ini akan terus dilanjutkan oleh seluruh pranata pemerintah baik di pusat maupun di daerah untuk mewujudkan Papua yang aman dan sejahtera. “Pemerintah juga akan terus melanjutkan pembangunan seperti yang sudah digariskan terkait dalam Inpres (Instruksi Presiden) maupun undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai NKRI untuk menjadikan papua aman dan sejahtera,” ujarnya.

Wapres juga memberikan arahan kepada jajaran di Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan untuk dapat mengambil langkah sigap dalam membantu pengungsi di Papua.

“Kami menugaskan kepada Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan untuk melakukan penanganan terhadap pengungsi dengan sebaik-baiknya. Mengenai kesehatan, mengenai sosialnya, mengenai dapur umumnya. Kami mohon Kementerian Sosial dan [Kementerian] Kesehatan segera mengambil langkah,” tegasnya.

Menutup keterangan persnya, Ma’ruf berpesan kepada seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua untuk dapat terus bekerja sama dengan pemerintah menciptakan suasana kondusif di Papua agar seluruh program yang telah diagendakan dapat terlaksana dengan baik.

“Diserukan kepada seluruh masyarakat terutama bagi tokoh-tokoh agama, tokoh adat untuk tetap tenang dan terus bekerja sama dengan pemerintah, dengan aparat pemerintah, dan aparat setempat,” pungkasnya.