Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Atasi Lonjakan COVID-19

2

PAPUADAILY –Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan pemerintah untuk mempercepat penyediaan fasilitas kesehatan dan sarana pendukungnya, guna mengatasi lonjakan jumlah kasus positif COVID-19. Ia menyebut masih terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaan layanan kesehatan di beberapa daerah.

“Dengan kecepatan pertambahan jumlah kasus positif COVID-19 melesat tajam, para pemangku kepentingan di sejumlah daerah harus segera mencari solusi untuk memperbaiki mekanisme layanan yang ada saat ini,” kata Lestari, Jumat (9/7/2021).

Ia menjabarkan, data Satgas COVID-19 menunjukkan kasus positif COVID-19 dalam tren meningkat. Pada Kamis (8/7) ditemukan 38.391 kasus, sehari sebelumnya Rabu (7/7) terjadi penambahan 34.379 kasus.

Lestari menyampaikan, pemerintah dapat memobilisasi tenaga kesehatan untuk memberikan layanan di setiap wilayah yang membutuhkan, guna menangani kecepatan lonjakan kasus COVID-19.

Selain itu, Lestari menekankan testing dan tracing harus dioptimalkan agar paparan COVID-19 bisa dideteksi sejak dini dan orang yang terpapar COVID-19 segera diberi perawatan. Dengan upaya tersebut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai lonjakan jumlah pasien dengan kasus sedang dan berat bisa ditekan.

Menurut Lestari, penambahan ketersediaan tempat-tempat isolasi terpusat, ruang ICU, ruang perawatan, lengkap dengan tenaga kesehatan dan sarana pendukung lainnya harus direalisasikan dengan benar.

Kebijakan PPKM darurat 3-20 Juli 2021, sambung Rerie, harus dijalankan dengan langkah-langkah strategis dan segera. Ia juga meminta imbauan kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah dibarengi dengan penegakan aturan yang konsisten untuk menekan mobilitas.

Selain itu, Lestari menegaskan sejumlah bantuan sosial yang dijanjikan harus segera disalurkan agar masyarakat terdampak PPKM dapat terbantu, dan mereka dapat menaati sejumlah aturan yang diberlakukan.