Varian Delta Terbukti Tersebar di Indonesia

3

PAPUADAILY –Jubir Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengungkap varian Delta telah menyebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, 86% dari total spesimen yang dilakukan Whole Genome Sequencing untuk memetakan varian baru adalah varian Delta.

“Varian Delta mendominasi 86% spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi. Sehingga dapat dikatakan persebaran ini hampir merata di seluruh Indonesia,” kata Nadia dikutip dari Antara, Minggu (1/8).

Oleh sebab itu, Nadia menerangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) terus berupaya melakukan WGS untuk menelusuri pola persebaran varian virus COVID-19 di Indonesia. Sejak awal 2021 hingga 28 Juli, kata Nadia, Indonesia telah melaporkan 3.651 hasil WGS ke dalam data base global.

 

 

Dari hasil WGS ini, terdapat tiga dari empat varian virus corona yang harus diwaspadai (Variant of Concern) menurut WHO yaitu varian Alfa, Beta dan Delta. Sehingga, Nadia pun mengingatkan laporan tersebut patut menjadi perhatian bersama, terlebih potensi penularan varian baru corona di Indonesia masih sangat tinggi.