Varian Delta Picu Tingkat Kematian Tinggi di Mimika

1

PAPUADAILY –Virus corona varian Delta kini sudah masuk ke wilayah Kabupaten Mimika, Papua. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan sampel spesimen yang dikirim ke laboratorium Lembaga Eijkman di RSPI Sulianti Soroso. Diduga jenis virus ini juga memicu tingkat kematian di Mimika.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra menjelaskan, dari 20 spesimen swab PCR pasien positif Covid-19 yang dikirim ke Jakarta, ada 10 di antaranya merupakan varian baru Delta.

“Ini memicu jumlah orang terpapar Covid di Mimika melonjak drastis selama beberapa pekan terakhir,” kata Reynold Ubra di Kota Timika, Selasa (20/7/2021).

Sejak 1-19 Juli, tercatat sudah 19 warga Mimika meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Angka kematian pada Senin (19/7/2021) sebanyak empat orang, satu di antaranya seorang misionaris gereja, Pastor Henslok SCJ.

“Kita di Mimika sekarang ini memasuki fase kritis. Kami perkirakan ini akan berlangsung sampai pekan depan. Jumlah pasien yang masuk ke rumah sakit  meningkat drastis, kebanyakan dengan kondisi berat dan kritis,” ujarnya.

Saat ini terdapat dua rumah sakit di Kota Timika yang menangani perawatan pasien Covid-19 yaitu RSUD Mimika dan RSMM. Dua rumah sakit tersebut dilaporkan kewalahan lantaran pasien yang datang untuk dirawat membludak.

Menurut Reynold Ubra, sedikitnya 37 pasien dengan kondisi sedang dan berat masih menjalani perawatan di kedua rumah sakit itu.

Sementara hampir sebagian besar pasien Covid-19 dengan gejala ringan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan petugas puskesmas. ***