Vaksinasi Tahap 3 untuk Nakes Ditargetkan Tuntas Secepatnya

3

PAPUADAILY –Pemerintah telah memulai vaksinasi tahap 3 untuk tenaga kesehatan (nakes). Terkait hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemkes) memastikan vaksinasi tersebut bisa dituntaskan secepatnya agar memberikan perlindungan tambahan kepada para nakes.

“Targetnya secepatnya karena ini prinsipnya memberikan perlindungan kepada nakes, tapi nakes yang penyintas Covid-19 harus menunggu 3 bulan kemudian ya,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi.

Nadia mengatakan syarat terkait vaksinasi untuk penyintas Covid-19 berlaku secara umum termasuk untuk nakes. Dia menyebut syarat yang harus dipenuhi nakes untuk mengikuti vaksinasi tahap 3 adalah nakes sudah mengikuti vaksinasi dosis 1 dan 2 secara lengkap, nakes tidak dalam kondisi sedang menderita Covid-19, dan nakes penyintas baru bisa mendapatkan vaksin 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Menurut Nadia, vaksin Moderna untuk vaksinasi nakes tahap ketiga memiliki efikasi sampai 94%, sedangkan vaksin Sinovac memiliki efikasi 65%.

“Sesuai emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), efikasi vaksin Moderna 94% dan efikasi vaksin Sinovac 65%. Ini keduanya sudah memenuhi syarat WHO,” kata Nadia.

Meski efikasi vaksin Moderna lebih tinggi dibandingkan vaksin Sinovac, Nadia mengaku belum bisa memastikan tingkat daya tahan tubuh para nakes setelah disuntikkan vaksin Moderna.

“Belum tahu, ini perlu pengamatan,” ujarnya.

Kemkes telah memulai penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) dengan menggunakan vaksin Moderna dari Amerika Serikat.

Berdasarkan siaran persnya, vaksinasi pertama dilakukan terhadap nakes di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Sebanyak 50 guru besar FKUI dan sejumlah dokter mendapatkan vaksinasi di rumah sakit tersebut. Pelaksanaan vaksinasi ini ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.