Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-Anak di Papua Sudah Dimulai

1

PAPUADAILY –Vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 di Papua sudah dimulai. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Twano, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

“Sekarang juga sudah mulai memvaksin anak-anak 11 tahun ke bawah,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu. Dikutip Kompas.com.

Menurut Muhadjir, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak sama pentingnya dengan vaksinasi pada orang dewasa. Vaksinasi akan membuat anak lebih aman dan siap menghadapi pembelajar tatap muka.

“Ini suatu hal yang penting agar anak-anak mendapatkan pendidikan yang setara, yang sama dengan mereka yang dewasa. Terutama dalam menghadapi pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Dalam peninjauannya, Muhadjir mendapat laporan bahwa pelaksanaan program vaksinasi di Kelurahan Entrop sudah berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, tadi sudah dilaporkan, di sini (Kelurahan Entrop) vaksinasi tahap pertama sudah 60 persen lebih, dan tahap keduanya sudah 30 persen lebih,” kata dia.

Berdasar data Kementerian Kesehatan per 12 November 2021, vaksinasi tahap pertama di Kota Jayapura sudah mencapai 166.873 penduduk atau 71,97 persen. Sementara, vaksinasi tahap kedua mencapai 113.738 orang atau 49.05 persen.

Masih mengacu pada data yang sama, capaian vaksinasi tahap pertama di seluruh Provinsi Papua 654.125 penduduk atau 25.23 persen. Sedangkan vaksinasi tahap kedua sebanyak 496.727 penduduk atau 18.18 persen.

Menurut Muhadjir, pelaksanaan vaksinasi di Papua, khususnya Kota Jayapura telah mencatat kemajuan pesat.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Menko PMK juga menyerahkan bantuan jaring dan mesin motor untuk membersihkan sampah di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, serta menyaksikan pertandingan judo gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.***