Upaya Percepatan Vaksinasi di Papua Didukung FORMAPPA

3

Ratusan mahasiswa dan pelajar asal Papua dari berbagai universitas di wilayah Jabodetabek yang tergabung dalam Forum Mahasiswa & Pelajar Papua (FORMAPPA) menyatakan dukungan penuh mereka terhadap upaya percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah di daerah asal mereka.

“Mendukung pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi di Tanah Papua,” tegas Kordinator Nasional FORMAPPA, Charles Kossay dalam sambutannya dalam kegiatan silaturahmi di Anjungan Papua Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut Charles menekankan, ke depan FORMAPPA ini akan fokus pada program-program pendidikan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia generasi muda papua.

“FORMAPPA akan fokus pada program pendidikan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia Orang Asli Papua (OAP) agar ke depan kita mahasiswa Papua dapat ikut berkontribusi mewujudkan Papua yang Unggul serta Indonesia Maju,” ucap mahasiswa asal Wamena yang saat ini juga sedang menyelesaikan studi S2 di Universitas Nasional Jakarta.

Kegiatan silaturahmi FORMAPPA ini berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh peserta.

Turut hadir dan memberikan pembekalan dalam kegiatan ini yakni Sukino selaku Kordinator Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek yang mewakili Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Dalam sambutan dan arahannya Sukino menyampaikan bahwa keberagaman suku di Tanah Papua merupakan anugerah dan aset yang harus terus kita jaga.

“Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan wilayah yang strategis dan indah, keberagaman suku di Tanah Papua merupakan aset dan anugerah yang harus terus kita jaga,” kata Sukino.

Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek telah memberikan perhatian khusus kepada putra dan putri Papua melalui program beasiswa afirmasi yang sudah berjalan.

“Saat ini Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek sudah memberikan perhatian khusus kepada adik-adik mahasiswa dan pelajar asal Papua yakni melalui program beasiswa afirmasi yang sudah berjalan serta menjangkau ratusan putra-putri Papua setiap tahunnya,” ujar Sukino.

Charles sempat membacakan pernyataan sikap FORMAPPA yang berisi:

  • Mendorong serta Mendukung Pembangunan Infrastruktur di Tanah Papua
  • Mendukung Pemerintah dalam membangun serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia orang asli Papua (OAP)
  • Mendorong dan Mendukung Pemerintah untuk mewujudkan Dialog dan solusi damai di Tanah Papua
  • Mendorong serta mendukung Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur kesehatan dan pendidikan di Tanah Papua
  • Mendukung Pemerintah dalam upaya Percepatan Vaksinasi di Tanah Papua
  • Mendorong terwujudnya Papua Unggul Indonesia Maju