Unik! Tikus Terbesar di Indonesia Ditemukan di Flores dan Papua

62

PAPUADAILY – Tahukah anda tikus terbesar di Indonesia? Ternyata di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur dan Pegunungan Foja, Papua lho. Kedua tikus besar itu dikenal dengan nama Tikus Raksasa Flores dan Tikus Raksasa Mallomy.

Populasi Tikus Raksasa Flores di kawasan Hutan Lindung Ruteng dengan habitat di hutan primer dan hutan sekunder di berbagai ketinggian. Sedangkan Tikus Raksasa Mallomy ditemukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Conservation International (CI) di Pengunungan Foja, Papua, pada tahun 2007.

Dikutip dari laman rimbakita, Tikus Raksasa Flores termasuk hewan eksotis mewakili spesies dari genus Papagomys dari keluarga Muridae. Tikus Raksasa Flores mempunyai nama ilmiah Papagomys armandvillei.

Hewan pengerat ini memiliki ukuran kepala dan tubuh yang besar, panjang sekitar 41 cm hingga 45 cm dengan ekor sepanjang 33 cm sampai 70 cm. Jadi jika ditotal, panjangnya mencapai 74 cm hingga 117 cm. Berat Tikus Raksasa Flores mencapai 2,5 kg.

Tikus Raksasa Flores mempunyai telinga kecil dan bulat, tubuh gempal dan ekor kecil yang panjang. Rambut atau bulu tumbuh di sekujur tubuhnya dan berwana hitam pekat. Giginya tersusun dari geraham berukuran besar. Adanya gigi geraham ini menunjukkan jika pengerat ini mengonsumsi dedaunan, buah dan serangga.

Papagomys armandvillei berstatus sebagai spesies yang terancam punah menurut IUCN atau Union for Conservation of Nature and Natural Resources. Penyebab kelangkaan dan ancaman kepunahan ini karena perburuan subsistem dan pemangsaan oleh karnivora seperti anjing dan kucing.

Sedangkan Tikus Raksasa Mallomy termasuk spesies mamalia baru yang ditemukan para peneliti. Dikutip dari laman Lipi.go.id, ukuran Tikus Raksasa Mallomy yang ditemukan hampir lima kali ukuran tikus got.