TNI/Polri Perketat Pengawasan dan Lakukan Pemeriksaan Lengkap di Pelabuhan Serui

0

PAPUADAILY –Cegah penularan Covid-19 di wilayah setempat, aparat gabungan TNI Kodim 1709/Yawa dan Polres Yapen bersama tim Satgas COVID-19 memperketat pengawasan protokol kesehatan terhadap penumpang kapal di Pelabuhan Serui, Kabupaten Yapen Kepulauan, Papua. Apa saja yang diperiksa?

Perwira Seksi Operasi Kodim 1709/Yawa Kapten Inf. Edi Beni Kristian dalam keterangan diterima ANTARA, Senin (30/8/2021) mengatakan bahwa pemeriksaan pendisiplinan prokes  terhadap penumpang KM Dobonsolo yang sandar di Pelabuhan Serui.

Dari hasil pemeriksaan rapid test antigen terhadap 36 orang penumpang yang turun itu, kata Pasiops Kapten Edi, tidak ditemukan hasil positif.

Kapten Edi mengatakan bahwa petugas juga melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan terhadap 309 orang yang naik kapal sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju Sorong, Papua Barat.

Ia mengatakan bahwa pelabuhan merupakan salah satu akses pintu keluar masuk masyarakat sehingga perlu memperhatikan kedisiplinan prokes calon penumpang kapal.

Sementara itu, personel Kodim 1709/Yawa Serma Ahmad Lukman Hakim menjelaskan bahwa aparat gabungan juga menjaga antrean di gerbang masuk pelabuhan guna mencegah kerumunan.

“Para calon penumpang kami ajak dan imbau secara persuasif untuk menjaga jarak satu dengan yang lain agar mencegah penyebaran COVID-19,” kata Serma Ahmad.

Selama pemeriksaan pengawasan prokes oleh tim gabungan TNI/Polri dan satgas COVID-19, menurut dia, berjalan lancar hingga selesai.***