TNI, Polri, dan IPDN Gelar Vaksinasi Massal Juga Bagikan Sembako

6

PAPUADAILY –Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, TNI bersama Polri dan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) mengadakan vaksinasi massal di sekitar lokasi penyelenggaraan yang tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika. Menariknya, perta vaksin bisa menikmati kapal perang di KRI Suharso atau mendapat sembako di kampus IPDN.

Sebagai informasi, cakupan vaksinasi hingga Sabtu (11/9/2021), di Kota Jayapura adalah 54,1 persen, Kabupaten Jayapura 50,2 persen, Merauke 58,9 persen, dan Mimika 53,3 persen.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama IPDN Arif M Edi mengatakan, pihaknya secara khusus bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) dalam menggelar vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Kami dapat dukungan penuh dari Panglima TNI. Bahkan, dukungan 50 personel TNI AL dan 30 personel dari IPDN telah diterbangkan ke Jayapura untuk menjadi vaksinator,” ujar Arif dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (12/9/2021).

Adapun pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan IPDN dan TNI AL akan dilakukan di dua titik berbeda mulai Senin (13/9/2021).

Lokasi pertama adalah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Suharso yang tengah bersandar di Pelabuhan Jayapura. Sedang lokasi kedua di Kampus IPDN Jayapura yang berada di Distrik Heram.

“Untuk vaksinasi di Kampus IPDN, kami akan siapkan bus dan sembako gratis. Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi di KRI Suharso, masyarakat bisa sekaligus menikmati kecanggihan kapal perang milik TNI AL,” kata Arif.

Mengenai target, Arif menyatakan bahwa IPDN dan TNI AL akan terus melakukan vaksinasi hingga 70 persen atau standar minimum terciptanya herd immunity.

“Ada satu juta dosis lebih yang kami miliki,” imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius D Fakhiri. Menurut dia, TNI-Polri akan terus melakukan “Gebyar Vaksin” hingga pelaksanaan PON dimulai.

Selain dari sisi kesehatan, vaksinasi Covid-19 ini diperlukan karena hal tersebut menjadi syarat masyarakat yang ingin menyaksikan langsung pelaksanaan PON XX 2021.

“Setiap hari, akan ada vaksinasi. Bahkan, pelaksanaannya door to door,” kata Fakhiri.***