TNI Kirim Logistik Bantuan ke Majene Pakai Hercules

95632

PAPUADAILY – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan bantuan logistik untuk korban bencana gempa ke Mamuju, Kabupaten Majene. Pengiriman bantuan menggunakan sejumlah pesawat.

Menurut informasi yang diterima, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengerahkan pesawat C-130 Hercules, CN 295, dan helikopter Super Puma NAS-332.

Penyaluran Logistik untuk Korban Gempa Majene

Kadispen AU Marsma TNI Indan Gilang mengatakan, pesawat-pesawat ini berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Sultan Hasanuddin.

“Pesawat C-130 Hercules dari Skadron Udara 33 Lanud HND dan Skadron Udara 31 Lanud Halim, pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, dan satu pesawat Helikopter Super Puma NAS-332 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja standby SAR Lanud Sultan Hasanuddin,” katanya.

Penyaluran Logistik untuk Korban Gempa Majene

Selain itu, pesawat C-130 Hercules A1314 juga dijadwalkan berangkat menuju Mamuju dari Halim membawa sejumlah pejabat yakni Kepala BNPB, Doni Manardo. Lalu Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus serta beberapa pejabat Basarnas.

Pesawat pengakut logistik itu, kata dia akan membantu proses operasi SAR, evakuasi bencana, dan menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi.

Penyaluran Logistik untuk Korban Gempa Majene

“Ini merupakan wujud dari kehadiran Negara melalui TNI AU pada masyarakat yang tertimpa musibah bencana, sekaligus merupakan pelaksanaan tugas TNI di Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya penanggulangan bencana alam,” tutup Indan.

Penyaluran Logistik untuk Korban Gempa Majene

Sementara itu, dalam informasi yang diterima bahwa pesawat pesawat Boeing 7302 telah diberangkatkan menuju Bandara Mamuju, dan tiba sekitar pukul 12.00 WITA.

Penyaluran Logistik untuk Korban Gempa Majene

Pesawat ini turut serta mengangkut 21 personel paskhas dan membawa bantuan logistik. Selain itu, mereka juga akan melakukan pengamatan dan pemotretan udara di wilayah Mamuju.(*)