TNI AL Obati 158 Warga di Pulau Mansinam, 57 Orang Mendapat Divaksin

2

PAPUADAILY –Fasilitas Pemelihara dan Perbaikan Kapal TNI Angkatan Laut Manokwari menggelar serbuan vaksinasi dan pengobatan massal di Pulau Mansinam, Papua Barat, Rabu 3 November 2021.

Bekerjasama dengan RASL dr Azhar Zahir, mereka berhasil mengobati 158 warga. Bahkan melakukan operasi kecil terhadap 8 warga. Sementara 57 warga lainnya mendapatkan vaksin.

Kafasharkan TNI AL Manokwari, Kolonel Laut (T) Rahmadi Subagya mengatakan, vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk herd immunity sesuai petunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah.

“Jadi tidak hanya wilayah darat saja, tetapi pulau-pulau terluar dan pulau terpencil menjadi sasaran utama bagi TNI Angkatan Laut,” terang Rahmadi kepada wartawan di Pulau Mansinam, Rabu (3/11/2021). Dikutip Kabarpapua.co

Rahmadi menyampaikan rasa syukur karena antusias masyarakat di Pulau Mansinam dalam menyambut vaksinasi dan pengobatan massal. Padahal vaksinasi dan pengobatan hanya menargetkan 40 target  orang.

“Bersyukur vaksinasi sampai 57 orang, menerima pengobatan gratis dan diberikan obat sesuai resep sebanyak  158 orang, serta warga yang di operasi kecil 8 orang, jadi total keseluruhannya 223 orang,” ungkapnya.

Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut dr Azhar Zahir Manokwari, Mayor Laut (K) dr R Prabowo Herbanu mengatakan, ia telah menerjunkan 4 dokter dalam pengobatan di Pulau Mansinam.

Dua di antaranya dokter umum  dan dua sisanya dokter spesialis. “Kami juga mengerahkan tenaga perawat yang profesional. Sesuai arahan dari Kafasharkan TNI-AL Manokwari untuk membantu masyarakat di Pulau Mansinam karena kurang akses ke kota untuk mendapatkan pelayanan medis yang baik,” ucapnya.

Dalam pengobatan massal ini, sambung Prabowo, pihaknya telah melakukan penindakan operasi bedah kecil tumor dan benjolan terhadap beberapa warga di Pulau Mansinam.

“Semoga dengan operasi bedah kecil ini warga dapat beraktivitas lebih baik, nyaman dan semakin semangat menjalani pekerjaan serta kehidupan untuk keluarga tercinta, sehingga tidak ada rasa khawatir lagi,” harapnya. ***