Tim Dayung Sultra Bawa Perahu Sendiri untuk Berlomba di PON Papua, Ini Alasannya

0

PAPUADAILY –Tim dayung Sulawesi Tenggara (Sultra) membawa sendiri perahu dari daerahnya untuk bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Hal itu menjadi kebiasaan tersendiri bagi tim tersebut saat berlaga di daerah lain. Apa alasannya?

“Kami membawa sendiri perahu untuk lomba,” ucap pengurus Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (Podsi) Sultra Bachtiar, Kamis (9/9/2021). Dikutip Kompas.com.

Podsi Sulawesi Tenggara sudah mengirim lebih awal perahu tersebut ke Papua.”Ini kebiasaan kami sejak dahulu mengikuti PON,” imbuh Bachtiar.

Di samping itu, kontingen Sultra membawa perahu sendiri sebagai langkah antisipasi ketergantungan peralatan saat pertandingan.

Sementara itu, pelatih dayung perahu naga Sultra Amiruddin menyebut bahwa panitia PON memang menyediakan perahu untuk pertandingan.

“Namun tidak semua jenis lomba tersedia jenis perahunya,” ucap Amiruddin.

Menurut Amiruddin, timnya sudah punya pengalaman dalam berlomba. “Makanya kami menyiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi,” ujar Amiruddin.

Lebih lanjut, Amiruddin mengatakan,”Tidak semua perahu yang disiapkan panitia memiliki kualitas sama.”

Berangkat dari pengalaman itulah, Sultra membawa perahu sendiri. “Kami meyakini bahwa perahu yang kami bawa adalah yang terbaik,” ucap Amiruddin.

Total ada 22 pedayung putra dan putri dalam skuat Sultra.

PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Penyelenggaraan even olahraga nasional itu dipusatkan di 4 klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.***