Terimakasih Jokowi, 316 Bus Operasional PON XX Papua Tiba di Jayapura

0

PAPUADAILY –Sebanyak 316 unit bus operasional untuk transportasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tiba di Pelabuhan Jayapura pada Rabu (1/9/2021). Kendaraan-kendaraan ini diangkut KM Dharma Kencana VII. Ratusan kendaraan operasional ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat Jokowi.

Sebanyak 316 bus yang baru datang ini diperuntukkan klaster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, terdiri atas bus pariwisata dan mikro bus. Demikian informasi yang dikutip dari iNews.id.

Plt Sekda Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan, sangat mengapresiasi bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan dalam mendukung kesuksesan PON XX Peparnas XVI di Bumi Cenderawasih.

“Kami sangat berbangga dan mewakili Gubernur Papua menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan dukungan lebih dengan memberikan kendaraan untuk menopang penyelenggaraan PON dan Peparnas,” kata Ridwan di Kota Jayapura, Rabu (1/9/2021).

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Papua, Recky D Ambrauw, mengatakan total bantuan bus dan micro bus yang tiba di empat klaster berjumlah 428 unit. Untuk Kabupaten Mimika dan Merauke lebih dulu tiba dengan jumlah 112 unit.

“Jadi bus bantuan untuk mendukung PON XX ini berjumlah 428 unit,” katanya.

Menurut Recky, terdapat dua tipe, yakni bus medium yang jumlahnya 211 unit, yakni Kementerian Perhubungan yang menyewa bus-bus pariwisata beserta dengan sopirnya.

“Lalu tipe berikutnya micro bus baru yang berwarna kuning sebanyak 217 unit,” ujarnya.

Sejak 1 September, bus-bus tersebut sudah aktif beroperasi. Pool untuk Kota Jayapura ada di PTC, untuk Kabupaten Jayapura di daerah Nendali, perumahan Sagita.***