Taiwan Beri Bantuan 200 Mesin Penghasil Oksigen untuk Indonesia

5

PAPUADAILY –Dalam rangka aksi peduli kemanusiaan dan persahabatan yang erat antara Taiwan dan Indonesia, Kementerian Luar Negeri Taiwan memberikan bantuan 200 mesin penghasil oksigen kepada pemerintah Indonesia.

Bantuan 200 mesin penghasil oksigen tersebut telah tiba di Indonesia pada Senin (12/7/2021) lalu.

Atas nama pemerintah Taiwan, Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Taiwan, Larry RL Tseng menyampaikan keprihatinan atas kondisi Indonesia akibat pandemi Covid-19 yang semakin meluas kepada Perwakilan Indonesia untuk Taiwan, Budi Santoso.

“Kami berharap bantuan 200 mesin penghasil oksigen dapat meringankan kebutuhan mendesak akan pasokan mesin oksigen di rumah sakit lokal di Indonesia,” ujar Tseng dalam siaran persnya.

Tseng mengatakan sejalan dengan kebijakan baru ke arah selatan yang berorientasi pada kemanusiaan, dan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam memerangi pandemi, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengirimkan 200 mesin penghasil oksigen buatan Taiwan.

Sebelumnya, Tseng dan Budi Santoso bersama-sama melakukan peninjauan mesin penghasil oksigen tersebut pada 8 Juli 2021.

Pada 14 Juli 2021, Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Tien Chung-kwang menyerahkan bantuan mesin penghasil oksigen tersebut yang diterima Perwakilan Indonesia untuk Taiwan, Budi Santoso.

Budi Santoso dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan dari Taiwan.

“Pemerintah Indonesia akan mengalokasikan mesin penghasil oksigen tersebut dengan sebaik-baiknya dan memastikan kebaikan Taiwan dapat dirasakan oleh semua orang,” ujar Budi Santoso.