Tadinya Tak Mau, Menteri Bahlil Ungkap Kini Makin Banyak yang Ingin Investasi di Papua

3

PAPUADAILY – Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa minat investasi di Indonesia saat ini tengah merata. Artinya, investasi kini tidak lagi hanya berpusat di Pulau Jawa saja, melainkan di luar Jawa juga sudah tinggi, termasuk di Papua.

“Dulu orang tak mau investasi di Papua, Maluku, Sulawesi, sekarang banyak,” ujar Menteri Bahlil dalam acara Penandatanganan Komitmen Kerja Sama dalam Program Kolaborasi PMA dan PMDN dengan UMKM, Sabtu (18/12).

Pemerataan investasi ini merupakan buah manis dari kinerja Presiden Joko Widodo dalam lima tahun pertama. Kepala Negara, saat itu memang tengah fokus terhadap pembangunan infrastruktur. Tujuaanya agar terkoneksi dan roda ekonomi dapat berjalan di setiap daerah.

“Presiden dalam berbagai arahan menyatakan tidak boleh membangun Indonesia hanya di satu wilayah,” ujarnya.

Sebagai informasi saja, realisasi investasi mulai Januari-September 2020 mencapai 74,8 persen atau sebanyak Rp611,6 triliun, dari total target yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp900 triliun. Di mana investasi di luar Jawa telah mencapai 51,74 persen dan di Jawa 48,3 persen.