Selesai Dirawat di Singapura, Gubernur Lukas Enembe Tiba di Indonesia

3

PAPUADAILY –Setelah selesai berobat di Singapura, Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah kembali ke Indonesia pada Kamis (1/7/2021).

“Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe telah tiba di Tanah Air pada pukul 18.05 WIB,” kata Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (1/7/2021) malam.

Lukas Enembe kini dalam keadaan sehat. Ia pulang dari Singapura ke Indonesia menggunakan pesawat maskapai Singapore Airlines bernomor penerbangan SQ 964. “Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe tiba di Indonesia dalam kondisi yang baik pascapengobatan yang beliau lakukan di Singapura,” kata Rifai.

Kepergian Lukas Enembe membuat polemik dalam kepemimpinan Provinsi Papua. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Dance Yulian Flassy, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua.

Namun Lukas Enembe menyayangkan penunjukan Dance sebagai Plh Gubernur Papua itu. Penunjukan Dance oleh Kemendagri tidak dikoordinasikan kepada Lukas. “Hingga hari ini perlu ditegaskan bahwa Bapak Lukas Enembe masih aktif sebagai Kepala Daerah Provinsi Papua,” kata Rifai pada Jumat (25/6/2021) lalu.

Sementara itu, Kemendari melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Benni Irwan buka suara soal alasan penunjukan Dance sebagai Plh. Benni menyebut penunjukan Plh Gubernur jadi upaya untuk mempercepat penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2021. Sebab, proses penyalurannya memerlukan dokumen yang ditandatangani oleh kepala daerah.*