Selama PPKM Darurat, Polisi Patroli hingga ke RT/RW Bidik Kerumunan Warga

15

PAPUADAILY –Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan, Polri akan berupaya maksimal mengawal penerapan PPKM Darurat yang digelar mulai 3 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021 di pulau Jawa dan Bali. Petugas akan disebar untuk melakukan patroli hingga ke tingkat RT RW dan perkampungan.

“Kaitannya dalam mendukung PPKM Darurat ini juga telah kita bangun di 407 titik-titik pembatasan dan pengendalian. Kemudian kita juga nanti akan lakukan langkah-langkah preventif, patroli sampai RT RW,” tutur Istiono di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (3/7/2021).

Menurut Istiono, personel dari Sabhara dan polantas tergabung dalam satgas yang memang ditugaskan untuk memberhasilkan PPKM Darurat. Merek pun diminta untuk memahami aturan PPKM Darurat yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dan menjadikannya pedoman pelaksanaan di lapangan.

“Kalau masyarakat aktivitasnya dibatasi tentunya berkumpul di titik-titik paling ujung, RT RW. RT RW ini harus bisa sentuh. Misalnya harus tetap kita berikan edukasi, menerangkan terus menerus, kita patroli untuk tidak berkerumun, untuk tidak berkumpul,” jelas dia.

Istiono mengakui bahwa tugas Polri dalam upaya memberhasilkan PPKM Darurat di masyarakat sampai ke tingkat RT RW tidaklah mudah. Sebab itu, kerjasama dengan seluruh pihak sangat diperlukan. “Kita harus bersinergi sama masyarakat, menyadarkan masyarakat,” Istiono menandaskan.