Segera Diresmikan Presiden, Mahfud MD Tinjau Pos Lintas Batas Negara

0

PAPUADAILY –Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membagikan momen kunjungannya saat meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Minggu (12/9/2021). Pos yang menjadi batas Indonesia dengan Papua Nugini itu akan segera diresmikan Jokowi.

Dalam kunjungan itu Mahfud turut ditemani oleh Mendagri, Kepala Badan Nasional Pengeĺola Perbatasan (BNPP) dan Bupati Merauke.

“Kami menikmati perjalanan ini, selain karena jalan menuju Distrik Sota bagus dan mulus, juga karena bisa menyaksikan dari dekat kampung-kampung yang berada di ujung negeri, yang amat jauh dari Ibu Kota Jakarta,” tulis Mahfud, Minggu (12/9/2021) dalam akun Instagramnya @Mohmahfudmd.

Mahfud menjelaskan, Kabupaten Merauke adalah wilayah di Provinsi Papua dikenal aman karena jarang terjadi gesekan sosial.

Menurut dia, para warga hidup berdampingan dengan rukun, tanah subur, dan ekonomi masyarakatnya masuk ke dalam kategori baik.

“Kami tiba di PLBN Sota setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Menyaksikan bangunan PLBN yang indah dan cukup megah, dengan konsep desain yang mengadopsi kearifan lokal. Berbentuk sarang semut dengan ornamen lokal warna Tifa, motif suku lokal,” urainya.

Di lokasi PLBN, Mahfud menyaksikan Custom Immigration Quarantine Security (CIQS), Bea dan Cukai, serta melihat fasilitas pendukung PLBN yang ada.

Menurutnya, dengan hadirnya PLBN dan berbagai fasilitas lain, ekonomi masyarakat sekitar perbatasan diharapkan akan semakin tumbuh.

“Itu sebabnya, warga Sota dan Merauke bangga dan berterima kasih pada Presiden Jokowi yang telah memberi perhatian besar, seperti yang disampaikan Pak Bupati Romanus Beni kepada saya,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, bila tak ada halangan, Presiden Jokowi akan meresmikan PLBN Sota pada Oktober mendatang.

Di sela-sela kunjungan kerjanya tidak lupa Mahfud mengabadikan momen untuk berfoto di lokasi patok perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Selain itu Tugu Perbatasan dan titik 0 Kilometer Merauke-Sabang juga menjadi lokasi foto dari eks Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur tersebut.

“Dalam perjalanan kembali ke Merauke untuk lanjut ke Bandara Mopah, saya bersama rombongan mampir di Masjid Agung Merauke, Al-Aqsha untuk salat Dzuhur. Kali ini kami didampingi Bapak Wakil Bupati Haji Riduan yang asli Nganjuk, Jawa Timur. Usai salat, kami pamit untuk kembali ke Jakarta,” kata Mahfud mengakhiri ceritanya di Instagram.***