Security Force Assistance Brigade US Army dan Prajurit TNI Angkatan Latihan Bersama

3

PAPUADAILY –Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNi Andika Perkasa menyebutkan program pelatihan bersama antara personel Security Force Assistance Brigade US Army dan prajurit TNI Angkatan Darat telah berlangsung di beberapa batalyon di bawah naungan Kostrad.

“Tujuan utama latihan bersama antara prajurit TNI AD Security Force Assistance Brigade US Army untuk mendapatkan pengalaman dan menjalin persahabatan dengan negara sahabat,” kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam siaran TNI AD di Jakarta, Sabtu.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa juga memberikan pengarahan khusus kepada tim US Army dalam menjalin komunikasi dengan para prajurit TNI AD.

Menurut Kasad perlu adanya interaksi langsung dalam latihan bersama itu. Jalinan komunikasi yang tercipta tersebut tentunya diharapkan dapat mempererat hubungan persahabatan lewat latihan bersama militer AS dan TNI AD.

Unit khusus Angkatan Darat Amerika Serikat kini berada di Batalyon Infanteri Para Raider 433/Julu Siri di Maros, Sulawesi Selatan.

Berbagi pengalaman dan pengetahuan baru dalam dunia militer antar negara sahabat menjadi salah satu tujuan dalam program tersebut, seperti latihan menembak dan menguasai medan tempur.

Selain itu, kegiatan yang meningkatkan kebersamaan seperti olahraga, makan bersama, hingga memancing juga dilakukan dengan personel SFAB.

“Ini merupakan pertama kalinya Batalyon Infanteri 433/ Julu Siri latihan bersama dengan prajurit Amerika Serikat, khususnya Security Force Assistance Brigade,” kata personel Yonif Para Raider 433/Julu Siri Serka Abdul Aziz Budi Hasbullah.

Hal serupa juga disampaikan oleh Praka Asri Aldi. la mengatakan kedatangan personel SFAB dapat menambah pengetahuan dalam latihan taktik dan berbagi pengalaman lainnya, dan berharap dapat melakukan latihan seperti itu lagi di lain waktu.