Sebelum Gugur di Maybrat, Pratu Sul Ansyari Anwar Kabarkan Telah Kirim Uang untuk Kuliah Adiknya

0

PAPUADAILY –Pratu Sul Ansyari Anwar, adalah salah satu dari empat anggota TNI yang gugur di Pos Koramil Kisor, Distrik Maybrat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Sebelum tewas ia sempat telpon ayahnya mengabarkan sudah kirim uang kuliah buat adik.

Anwar tak menyangka kalau itu adalah telepon terakhir anaknya, Pratu Sul Ansyari kepada dirinya.

Diketahui, Pratu Sul Ansyari juga baru setahun menikah, tapi ia juga membantu membiayai kuliah adiknya di Makassar.

Tiga jam sebelum diserang, korban menghubungi ayahnya yang tinggal di Desa Tompo Tengah, Kecamatan Tanete Riaja,  Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

“Malam kejadian sebelum dibantai, anak saya Sul, sempat menelpon. Ia mengabarkan ke saya bahwa dirinya telah mengirimkan uang untuk adiknya yang kuliah di Makassar,” kata Anwar, Ayah Pratu Sul Ansyari Anwar, Jumat (3/9/2021) di rumah duka. Dikutip Kompas.com.

Sambil meneteskan air mata, Anwar menceritakan anaknya menelpon dirinya pada pukul 12.00 Wita, 3 jam sebelum posnya diserang.

“Tidak biasanya ia menelepon dengan suara manja dan lumayan lama. Biasanya ia menelpon hanya sebentar,” ungkap Anwar.

Sementara itu, mertua Pratu Sul Ansyari mengakui kalau prajurit TNI itu merupakan menantu yang baik.

“Pratu Sul Ansyari Anwar,orang yang baik. Sebagai seorang mertua saya meliat ia cukup dewasa. Setahun dengan anak saya, ia begitu bertanggung jawab,” papar Nurdin, mertua Pratu Sul Ansyari Anwar.

Pratu Sul Ansyari Anwar dimakamkan di pemakaman umum di desa setempat.

Sebagai informasi, empat prajurit gugur pada hari Kamis dinihari (2/9/2021) karena dibunuh oleh kawanan kelompok bersenjata (KKB). Saat itu mereka sedang bertugas di Pos Koramil Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat.***