Sebarkan Informasi Publik, Pemprov Papua Sediakan Videotron di Nabire

2

PAPUADAILY –Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membangun media informasi luar ruangan berbasis digital atau videotron di Kabupaten Nabire. Tujuannya untuk menyampaikan informasi secara luas kepada masyrakat.

Videotron berukuran 5 x 8 meter dilengkapi sarana komunikasi data, CCTV dan perangkat kontrol yang dapat dilakukan melalui remote. Videotron senilai Rp2,3 miliar terpasang di area Kantor Bupati Nabire.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jery Agus Yudianto mengatakan, Kabupaten Nabire merupakan wilayah ketujuh di Papua dalam pembangunan videotron yang berjalan sejak tahun 2021.

Sebelumnya, Pemprov Papua telah membangun videotron di Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

“Kita targetkan sampai dengan tahun 2023, semua kabupaten maupun kota di Papua tersedia perangkat tersebut yang dapat digunakan sebagai sarana menyampaikan informasi kinerja Pemda ataupun informasi lainnya kepada masyarakat,” terang Jery, Jumat (29/10/2021). Dikutip Kabarpapua.co

Jery menjelaskan, pengelolaan videotron dilakukan dengan cara kerja sama pemanfaatan barang milik daerah kepada Pemerintah Kabupaten Nabire. Dengan begitu masyarakat lebih banyak mengetahui informasi yang berkaitan dengan kinerja atau aktivitas Pemerintah daerah.

“Sesuai dengan Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah merupakan salah satu urusan wajib non pelayanan dasar, mempunyai peran utama untuk menyampaikan kinerja pemerintah pada publik keterbukaan atau transparansi publik,” kata Jery.

Selain videotron, sambung Jery, informasi publik juga dapat memanfaatkan media tradisional, media cetak, media elektronik, media sosial, media daring maupun media luar ruang.

Penjabat Bupati Nabire, dr Anthon Tony Mote mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua yang telah memberikan perhatian khusus kepada Pemda Nabire dengan menyediakan media videotron.

Anthon memastikan akan menginstruksikan kepada instansi terkait untuk memanfaatkan videotron secara maksimal sebagai sarana informasi Pemda kepada masyarakat di Kabupaten Nabire.

“Videotron ini media untuk sarana informasi Pemda kepada masyarakat, terlebih beberapa waktu lalu sebelum diresmikan sudah digunakan sebagai sarana masyarakat di sekitar Nabire menyaksikan perhelatan PON XX Papua 2021,” kata Anthon. ***