Satgas Yonif 144/JY perketat pengawasan di perbatasan RI-Malaysia

1

PAPUADAILY –Anggota Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia Yonif 144/JY memperketat pengawasan perbatasan Indonesia-Malaysia dengan melaksanakan pemeriksaan di jalan Desa Sei Tekam dan Dusun Pluntan, Sanggau, Kalimantan Barat.

“Pemeriksaan di sepanjang jalan daerah perbatasan kami lakukan untuk mengantisipasi kegiatan ilegal dalam menjaga stabilitas keamanan warga perbatasan,” kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Letkol Inf Andri Suratman saat dihubungi ANTARA di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar Selasa (12/10/2021).

Andri mengatakan guna memperketat pengawasan dilakukan pemeriksaan barang bawaan bagi pengendara yang melintas.

Menurut Andri, pengawasan tersebut dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di perbatasan.

Ditegaskan Andri, pihaknya tidak akan memberikan celah bagi pelaku kegiatan ilegal, baik itu ilegal barang mau pun pelintas batas negara.

“Kami laksanakan sesuai dengan prosedur serta selalu mengajak masyarakat untuk memakai masker tentunya mengedepankan protokol kesehatan,” kata Andri.

Sementara itu, salah satu pelintas Mantikei (40), saat dilakukan pemeriksaan oleh Satgas Pamtas menyatakan mengapresiasi atas upaya pencegahan kegiatan ilegal yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif 144/JY di daerah perbatasan.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Satgas Pamtas atas pemeriksaan warga yang melintas di desa kami untuk mencegah kegiatan ilegal yang dapat merugikan masyarakat itu sendiri, kami berharap pemeriksaan pelintas terus dilakukan,” pinta Mantikei.