Rumah Sakit di Kabupaten Tangerang Diminta Aktif Beri Informasi Penanganan Covid-19

2

PAPUADAILY –Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta seluruh direktur rumah sakit (RS) dan fasilitas kesehatan (faskes) di wilayahnya untuk intens melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan (Kemkes). Salah satunya dengan aktif memberikan informasi terkait penanganan Covid-19 serta kondisi yang terjadi di RS melalui aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS).

Informasi dimaksud seperti ketersedian obat-obatan, oksigen, ruang perawatan hingga ICU. Hal ini untuk memaksimalkan pelayanan RS dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya minta seluruh RS agar segera mengaktifkan SIRS secara online yang terkoneksi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Kementerian Kesehatan. Ini untuk memaksimalkan pelayanan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkap Zaki dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

Dengan aktif melakukan koordinasi secara intens dengan Dinkes dan Kemkes, membuktikan bahwa semua stakeholder di bidang kesehatan tidak menyerah begitu saja dengan pandemi Covid-19.

“Seluruh RS agar segera tergabung dengan SIRS, dan update-nya setiap hari karena ini akan membuat langkah semua stakeholder akan lebih ringan, bahkan jika kekurangan oksigen bisa menghubungi Dinas Kesehatan untuk segera dibantu,” kata Zaki.

Zaki menambahkan kecepatan akses informasi yang berisi data kesiapan rumah sakit dalam hal penanganan pasien sangat diperlukan. Lantaran saat ini masih sedikit dan belum semua RS terintegrasi secara online dengan SIRS.

“Sekali lagi, saya mohon kepada seluruh peserta yang tergabung dalam zoom meeting, untuk segera bergabung dalam SIRS online dari Kementerian Kesehatan, karena aplikasi ini bisa memberikan informasi baik kepada kementerian maupun dinas untuk persiapan dari kekurangan-kekurangan, obat-obatan dan ketersediaan oksigen yang dibutuhkan rumah sakit bapak ibu sekalian,” demikian Zaki.