Puskesmas Jayawijaya Harapkan Tenaga Dokter Baru

9

PAPUADAILY –Kepala Puskesmas (Kapus) Itlay Hisage di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Jois Halitopo minta pemerintah kabupaten Jayawijaya, Papua untuk menyiapkan tenaga dokter lain yang mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga setempat.

“Kami usulkan untuk mengganti dokter yang ada di sana, dengan dokter yang bisa membantu warganya. Permintaan ini sudah disampaikan kepada Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi,” kata Kepala Puskesmas  Itlay Hisage Jois Halitopo, Jumat (5/11/2021). Dikutip Antara.

Menurutnya, dokter yang tersedia saat ini tidak bisa memberilan layanan kesehatan di luar puskesmas, karena harus menempuh perjalanan 3-4 jam dengan berjalan kaki.

Ia menyarankan pemerintah mengganti dengan salah satu dari dua dokter yang sudah terbukti mampu turun ke pelosok dan melayani masyarakat sampai ke kampung-kampung.

“Contohnya dua dokter Grenagarin dengan dokter Richard Samboalo itu bisa. Dokter Richard itu walaupun bukan orang asli Papua tetapi pernah sampai di kampung-kampung makanya saya menilai bisa bantu layani masyarakat kami di sini,” katanya.

Jois mengharapkan pemerintah melengkapi beberapa tenaga medis pada beberapa bidang di puskesmas itu sehingga pelayanan bisa optimal.

“Kami keterbatasan tenaga kesling serta tenaga analis yang bisa membantu masyarakat hidup bersih dan menekan jumlah stunting yang masih banyak di sini,” katanya.

Ia mendambakan dengan dukungan pemerintah kabupaten, warganya bisa memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai.***