Puluhan anak Marind tahun depan diberangkatkan kuliah ke LN

2

PAPUADAILY –Sebanyak 64 anak Marind sedang megikuti bimbingan di Jayapura oleh Papua Language Institute (PLI), kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke untuk persiapan kuliah ke luar negeri.

Dari jumlah itu, sebayak 51 untuk kuliah di jenjang S1, sedangkan 13 lain ke jenjang S2. Sedangkan negara tujuan kuliah ada beberapa seperti Rusia, Amerika, serta beberapa negara lain.

Direktur PLI, Samuel Tabuni, saat dihubungi melaui selulernya, Selasa (6/7/2021), menjelaskan  puluhan anak Marind-Papua itu sudah berada di Jayapura kurang lebih dua minggu terakhir.

Dikatakan, mereka akan mengikuti pembinaan mulai dari karakter seperti kepemimpinan, keberanian memimpin, hubungan mereka dengan Tuhan, serta membangun kepercayaan diri.

Selain itu, menurut dia, juga beberapa bahasa yang menjadi sasaran tempat kuliah di luar negeri. Juga bimbingan sains serta matematika.

Saat ini PLI membimbing dan mendampingi sebanyak 64 anak. Awalnya saat mendaftar di Merauke dan mengikuti seleksi, jumlahnya mencapai 150 orang. Hanya saja setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, banyak yang tidak lolos seleksi. “Selain itu juga ada yang tidak lulus di seleksi akademik,” kata Tabuni.