Prajurit TNI Ajarkan Anak Papua di Perbatasan PNG Patuhi Prokes

1

PAPUADAILY –Mengajari anak-anak untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19, merupakan salah satu pendekatan humanis kepada penduduk setempat yang dilakukan oleh sejumlah prajurit TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia dan Papua Nugini (RI-PNG) Yonif Mekanis 512/QY.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY, Letkol Inf Taufik Hidayat. Ia mengatakan bahwa selama masa pandemi belum berakhir, maka prokes wajib diterapkan terutama pada anak-anak.

“Kita tidak boleh lengah dengan kondisi seperti sekarang ini,” katanya, belum lama ini.

Sementara Komandan Kipan B Lettu Inf Nugraha Khofa mengungkapkan, ia terus berupaya untuk menjalin komunikasi dengan anak-anak setempat. Ia mengajak mereka untuk bercerita tentang keluarga. Selanjutnya membuat sebuah kreasi dengan menggambarkan keluarga.

Ia juga mengajak anak-anak untuk mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, ia turut mengajari mereka cara mencuci tangan dengan benar.

Menurutnya, cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini adalah dimulai dari diri masing-masing. Untuk itu, ia mengajak sebagian anak-anak yang datang ke pos untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerinta.***