PPKM Darurat, Bepergian ke Luar Kota Harus Tunjukkan Kartu Vaksin Minimal Dosis 1

1

PAPUADAILY –Pemerintah memastikan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala darurat setelah berdiskusi dengan banyak pihak. Keputusan ini menyikapi kasus Covid-19 yang melonjak naik dalam beberapa pekan terakhir.

“Saya putuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Adapun cakupan area pemberlakuan PPKM, 48 Kabupaten/Kota dengan asesmen situasi pandemi level 4 dan 74 Kabupaten/Kota dengan asesmen situasi pandemi level 3 di Pulau Jawa dan Bali.

Terkait kebijakan tersebut, sejumlah panduan terkait akvitas masyarakat selama PPKM darurat telah dipersiapkan pemerintah. Ada 14 poin pengetatan saat PPKM darurat.

Salah satunya terkait aktivitas bepergian ke luar kota. Berdasarkan Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat Pada PPKM Darurat Jawa Bali yang didapat merdeka.com, Kamis (1/6), ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi warga. Salah satunya harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

“Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan moda transportasi jarak jauh (pesawat, bis dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis I).”

Aturan lainnya menunjukkan tes Covid-19 pagi yang bepergian dengan pesawat. “PCR H-2 untuk pesawat serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi jarak jauh lainnya.”.