Pos Koramil Diserang KKB, Mahfud Pastikan PON Papua Bisa Digelar Aman

0

PAPUADAILY –Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan, insiden penyerangan Pos Koramil Kisor yang menewaskan 4 prajurit TNI tidak akan mengganggu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI Papua.

Dia menegaskan, secara umum kondisi politik dan keamanan di Bumi Cendrawasih dalam kondisi baik.

“Kita pastikan bahwa itu akan berjalan dengan baik. Saya selaku penanggung jawab di bidang keamanan sudah melakukan koordinasi secara rutin,” kata Mahfud kepada wartawan, Sabtu (4/9/2021). Dikutip Jawapos.com.

Mahfud menyampaikan, pihaknya telah mengundang Menpora, Ketua KONI, Mabes TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN),
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), termasuk Event Organizer (EO) untuk membahas PON. Hasil koordinasi ini menyatakan PON dapat digelar dengan aman.

Terkait berbagai potensi ancaman yang muncul telah diantisipasi. “Karena situasinya masih dalam pandemi kalau terpaksa nanti ada protokol kesehatan yang ditegakkan di dalam seluruh venue yang menjadi tempat perlombaan, supaya dimaklumi dan supaya diikuti,” jelas Mahfud.

“Kita tidak menghalang-halangi orang yang mau menonton tapi ada batasan-batasannya, batasan mengenai jumlah, mengenai jarak, antigen, atau PCR dan sebagainya sudah diatur dan disiapkan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Sebelumnya, Pos Koramil Kisor, Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada dini hari tadi, Kamis (2/9/2021) sekitar pukul 04.00 WIT. Penyerangan berlangsung sporadis hingga menyebabkan korban tewas.

“Diduga dilakukan kelompok KST atau Kelompok Separatis Teroris dengan menggunakan senjata tajam parang,” kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Cantiasa menyampaikan, 4 prajuritnya dipastikan gugur akibat peristiwa ini. Mereka tewas setelah mendapat luka senjata tajam dari kelompok sparatis. “Anggota kami 4 orang gugur kemudian 2 orang luka bacok, kemudian 5 orang dalam keadaan aman dan selamat,” imbuhnya.***