PON Siap Digelar, Empat peserta CdM Meeting PON XX Papua positif COVID-19

0

PAPUADAILY –Empat orang peserta Chef de Mission (CdM) Meeting III dari Provinsi Lampung dan Sulawesi Tenggara diketahui terpapar COVID-19. Meeting yang membahas persiapan PON tersebut baru saja selesai digelar pada 26-28 Agustus 2021.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura dr. Nyoman Antari, Minggu petang (29/8/2021) mengakui adanya peserta CdM Meeting III yang positif COVID-19.

Akibatnya dua orang dari Lampung dan dua orang berasal dari Sulteng tidak diizinkan kembali ke daerahnya dan harus melakukan isolasi hingga hasil pemeriksaaan PCR negatif.

“Kami sudah menawarkan tempat isolasi terpadu di KM. Tidar namun keempat orang tersebut menyatakan enggan dan meminta untuk tetap isolasi ditempat mereka menginap sehingga pihaknya menyerahkan penanganannya ke PB PON XX Papua,”  ucap dr. Nyoman Antari yang juga menjabat Kadinkes Kota Jayapura. Dikutip Antaranews.com.

Koordinator Humas PB PON XX Azis Matdoan yang dihubungi terpisah mengaku akan mengecek kasus tersebut dan menyayangkan keengganan mereka untuk menjalani isolasi terpusat.

Menurut Azis, seharusnya mereka mau melakukan isoter di KM Tidar merupakan satu-satunya tempat isolasi yang disiapkan Pemkot Jayapura. Karena di situ fasilitas kesehatan untuk pemulihan Covid-19 cukup lengkap.

CdM Meeting III yang berlangsung di Jayapura diikuti 34 provinsi berlangsung 26-28 Agustus 2021.

Ketua PB PON XX Papua Yunus Wonda mengatakan CdM meeting III menjadi pembahasan terakhir antar delegasi seluruh kontingen dengan tuan rumah itu hanya membahas pemantapan kesiapan tuan rumah satu bulan jelang penyelenggaraan PON.

“Seluruh jajaran panitia sudah siap untuk penyelenggaraan PON, jangan ragu dengan Papua,” kata Yunus di Jayapura, Minggu (29/8/2021).

Menurut dia, seperti yang sudah menjadi komitmen para kontingen dan tuan rumah, konsumsi dan akomodasi akan digratiskan karena hal itu sudah menjadi komitmen bersama. PON siap digelar sesuai rencana.***