PON Papua : Petugas RT, RW Hingga Petugas Kebersihan Dapat Perlindungan JAMSOSTEK

0

PAPUADAILY –Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura, I Ketut Arja Leksana menyampaikan, petugas kebersihan merupakan bagian yang sangat penting dalam PON XX, sehingga harus diberikan perlindungan ketika bekerja. Karena itulah, petugas RT/RW dan petugas kebersihan non-ASN di Kelurahan Ardipura diberikan perlindungan BP JAMSOSTEK.

Pemberian perlindungan terhadap petugas kebersihan bersamaan dengan sosialisasi program manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Harapannya seluruh RT/RW dan petugas kebersihan non ASN di Kota Jayapura ke depan dapat menjadi peserta kami,  karena sudah menjadi program nasional melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ketut dalam siaran pers yang diterima KabarPapua.co, Senin (30/8/2021).

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru mengapresiasi program BPJAMSOSTEK. Menurut Rustan, program tersebut sangat bagus, karena memberikan perlindungan kepada RT/RW dan petugas kebersihan.

Rustan pun meminta kepada semua kelurahan bisa mendata dengan baik untuk didaftarkan sebagai peserta BPJAMSOSTEK di Jayapura. “Dari data yang ada 1.253 RT/RW di Kota Jayapura ini harus dilakukan verifikasi,” kata Rustan.

Ia berharap dengan semakin paham perlindungan terhadap pekerja dapat meningkatkan jumlah peserta BPJAMSOSTEK. “BPJAMSOSTEK akan membuka loket dan meja ke Kantor Camat dan akan dikoordinasikan lebih lanjut agar memudahkan warga yang akan datang,” ujar Rustan. ***