Polisi Bubarkan Massa Aksi Tolak Formula E di DPRD DKI

1

PAPUADAILY –Sekelompok orang yang menamakan diri ‘Aksi Jakarta Bergerak’ menggelar demonstrasi di depan gedung DPRD DKI Jakarta. Mereka menuntut DPRD DKI melanjutkan interpelasi Formula E.

Pantauan detikcom di depan DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (12/10/2021), tampak massa mulai berkumpul sejak pukul 11.10 WIB.

Aparat kepolisian tampak siaga di lokasi saat massa mulai berdatangan. Massa mayoritas menggunakan pakaian hitam bertuliskan ‘Jakarta Bergerak’.

Mereka tampak membawa 1 unit mobil komando disertai dengan pengeras suara ‘JAKARTA BERGERAK, TOLAK DAN BATALKAN FORMULA E’.

“Hari ini kami tetap menyuarakan bahwa rakyat tidak setuju dengan Formula E. Kami mendesak anggota DPRD untuk melakukan interpelasi apapun yang terjadi,” ucap Koordinator Lapangan aksi hari ini, Aldi.

Massa menyoroti banyak kejanggalan dalam perencanaan Formula E di Jakarta. Massa menuntut Gubernur DKI Anies Baswedan segera memberikan penjelasan terkait ajang balap mobil listrik itu.

“Karena sampai sekarang tidak ada penjelasan yang jelas dari gubernur dan banyak hal-hal yang kita dapatkan, banyak yang janggal,” ujar Aldi.

Aksi tersebut tidak berlangsung lama. Aparat kepolisian membubarkan massa aksi. Massa sempat berpindah lokasi dari DPRD DKI Jakarta menuju Balai Kota DKI Jakarta di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Aparat kepolisian kembali membubarkan massa dengan alasan Jakarta masih PPKM level 3.

“Situasi masih dalam PPKM Level 3. Maupun melaksanakan aksi yang sifatnya menimbulkan kerumunan, kami imbau, kami ingatkan untuk segera meninggalkan daripada gedung DPRD ini,” seru aparat polisi.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah memberikan penjelasan soal Formula E. Penjelasan itu mulai dari masalah anggaran hingga waktu pelaksanaan. Penjelasan lengkap Pemprov DKI itu dapat dibaca di sini.