Peringati Hari Aksara Internasional, Opinia & Writers Creators Festival Diluncurkan

25

PAPUADAILY –Opinia Writers & Creators Festival (OWCF) akan dilaksanakan sepanjang September – Desember 2021.

Founder sekaligus CEO Opinia Arip Musthopa mengatakan festival tahunan yang kali pertama digelar ini mengangkat tema Frontida, yang dalam bahasa Yunani. artinya Peduli, diluncurkan bertepatan Hari Aksara Internasional yakni diperingati pada hari ini, Rabu (8/9/2021).

“Tema ini dipilih sebagai perhatian utama OWCF 2021, dimaksudkan merawat kepedulian peserta dan masyarakat luas agar dapat saling menginspirasi dan mengalirkan energi positif di tengah duka mendalam yang menggenangi bangsa akibat wabah Covid-19,” ujar Mustopa kepada wartawan, Rabu (8/9/2021).

Dia mengatakan, energi positif yang mengalir dari banyak orang akan menjadi bengawan dan pada saatnya menyatu sebagai samudera.

“Hal tersebut akan membuat daya tahan kita sebagai bangsa, lebih kuat dari guncangan korona, karena masyarakat yang terombang ambing dalam ketidakpastian, erat bergenggaman untuk melewati kesulitan yang tidak sedikit ini,” ujarnya.

Kurator OWCF 2021 Andi Sukmono Kumba menambahkan, tema Frontida mengundang diskusi yang menarik dari penulis baik fiksi maupun nonfiksi, kreator, peneliti, pekerja kreatif, jurnalis, aktivis sosial, agamawan dan budayawan.

“Lilitan Covid-19 membuat retakan-retakan besar ekonomi, sosial dan politik. Dibutuhkan banyak inisiatif untuk menghindarkannya dari krisis yang lebih besar,” katanya.

“Dalam konteks itu, Frontida dapat dipahami sebagai kesadaran yang akan menuntun pada hubungan saling mempercayai hingga kedalaman interaksi yang penuh rasa kemanusiaan,” tambah Andi.

OWCF terdiri dari lima kegiatan utama, yakni kelas menulis, beasiswa inspirasi, lomba penulisan, diskusi dan idea project. “Lima kegiatan utama OWCF 2021 dirancang dengan spirit frontida, untuk menumbuhkan kepekaan, kreativitas dan optimisme publik,” pungkas Andi.