Pemkab Labuhanbatu Beli Tablet Senilai Rp 736 Juta Buat 45 Anggota DPRD

9

PAPUADAILY –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), akan membelikan tablet (handphone pintar) untuk 45 anggota DPRD Labuhanbatu. Handphone pintar senilai Rp 736 juta itu akan menggunakan dana APBD Labuhanbatu 2021.

“Pengadaan Tablet PC Setara Samsung Galaxy Tab S7,” demikian tertulis di situs resmi LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) seperti dilihat detikcom, Senin (30/8/2021).

Dikutip dari laman Rekapitulasi RUP (Rencana umum pengadaan) Nasional, pengadaan ini dilakukan oleh Sekretariat DPRD Labuhanbatu. Menggunakan metode pemilihan, E-Purchasing.

Adapun jangka waktu pemanfaatannya, dibuat selama setahun. Mulai Januari 2021 hingga Desember 2021.

Wakil ketua DPRD Labuhanbatu, Abdul Karim Hasibuan, tidak membantah adanya pengadaan tersebut. Dia mengatakan tiap anggota DPRD akan mendapat barang yang berbeda-beda. “Kalau itu masing-masing kawan-kawanlah itu pula, yang 45 orang itu. Beda-beda lah semua ya kan, kebutuhannya,” kata Karim ketika dimintai konfirmasi.

Karim beralasan anggota Dewan membutuhkan gawai tersebut untuk menunjang kinerjanya. Terlebih menurut Karim, anggota Dewan bekerja untuk mengurus rakyat.

Karim juga tidak membantah usulan pembelian gawai tersebut berasal dari DPRD. Namun Karim mengatakan tidak mengetahui secara pasti seperti apa usulan itu dulunya. “Jadi kawan-kawan kan mau mengurus rakyat, mungkin mereka membutuhkan dalam kerjanya makanya diusulkan itu. “Tapi kawan-kawan yang lain kan kita tidak mengerti, seperti apa usulan itu dulu munculnya,” sambung politisi Partai Gerindra ini.

Disinggung mengenai ketidakpekaan DPRD di masa pandemi ini, Karim mengatakan pengadaan itu merupakan keputusan bersama. Namun secara pribadi Karim mengatakan dirinya bersedia menunda pengadaan tersebut.

“Masing-masing kan ada 45 orang ini DPRD-nya. Kalau saya mungkin, ah sudahlah, belakangan saja lah. Karena ada mungkin yang lebih membutuhkan, untuk ekonomi masyarakat, tapi kawan-kawan yang lain kan kita tidak mengerti,” kilah Karim.

Dalam APBD Labuhanbatu 2021, Sekretariat DPRD Labuhanbatu mendapat anggaran sebesar Rp 73,9 M. Sebagai perbandingan proyek infrastruktur yang mencakup perbaikan jalan, irigasi dan prasarana lainnya hanya mendapat anggaran sebesar Rp 85 M di 2021.