Pemerintah Siapkan Strategi Percepat Penyaluran Bansos

1

PAPUADAILY –Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah sedang menyiapkan strategi untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial.

“Artinya pada Minggu ke II Juli akan ada beberapa bantuan akan kita ajukan jadwalnya lebih awal dari pada sebelumnya,” tutur Muhadjir melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/7/2021).

Dalam peninjauan di Lampung Tengah, Muhadjir mendapatkan laporan  banyak penerima PKH yang naik kelas dan mandiri sebanyak 753 KPM sepanjang tahun 2021.

Menurut Muhadjir, hal tersebut telah sangat baik dan sesuai dengan tujuan PKH untuk mensejahterakan masyarakat kelas bawah.

“Yang penting adalah penerima PKH itu berasal dari keluarga paling miskin. Diharapkan harus naik kelas tidak boleh terus menerima PKH, sehingga nanti hak PKH-nya bisa dialihkan untuk mereka yang lebih berhak,” ujar Muhadjir.

Program Bantuan Sembako per bulan Juni sudah disalurkan kepada 90.699 keluarga dan sudah dimanfaatkan 99 persen, untuk PKH tahap ke-2 ( April-Juni) sudah tersalur 96,7 persen, dan BST tahap Maret-April tersalurkan 96,6 persen. Hanya BLT-DD yang penyalurannya masih rendah, yakni 36 persen.

Sementara untuk bantuan bulan Juli akan disalurkan paling lambat Minggu ke II Juli yakni Program Sembako, PKH tahap III ( Juli-Sept) dan BLT DD.

Sedangkan untuk BST akan ada perpanjangan 2 bulan, yang dibayarkan bersamaan di bulan Juli.