Pemerintah Putuskan Pakai Moderna untuk Vaksin Ketiga Nakes

3

PAPUADAILY –Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin Moderna akan digunakan untuk vaksinasi ketiga terhadap tenaga kesehatan (Nakes).

Budi menyebut nakes merupakan kelompok prioritas yang harus dilindungi dari virus Covid-19, terutama dari varian baru. Adapun pemilihan vaksin Moderna, kata budi, adalah hasil diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM.

“Kami sudah berdiskusi dengan BPOM dan ITAGI sebagai penasihat independen mengenai vaksinasi ini, dan sudah menyetujui bahwa vaksinasi ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna,” kata Budi dalam konferensi pers, Jumat (9/7).

Budi berharap, dengan diberikannya suntikan vaksin ketiga kepada nakes dapat memberikan kekebalan tubuh. Budi mengatakan, nakes harus terlindungi dengan maksimal agar bisa melaksanakan tugas-tugasnya.

“Mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja,” ucap dia.

Budi mengatakan vaksin Moderna rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (11/7). Ia juga merencanakan agar vaksinasi ketiga untuk nakes ini mulai dilakukan pekan depan. Sementara itu untuk detail pelaksanaan, Budi mengatakan akan menyusul kemudian.

Diketahui, BPOM mengatakan bahwa vaksin Moderna sudah masuk daftar emergency use listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan, BPOM menyebut vaksin Moderna manjur melawan mutasi virus corona varian B117 Alpha, B1351 Beta, dan P1 Gamma. Sementara untuk varian B1617 Delta masih belum dilaporkan bukti terkini.