Pemegang Kartu Vaksin Luar Negeri Bisa Daftar di Peduli Lindungi, Boleh Masuk Mal

2

PAPUADAILY –Pemegang kartu vaksin luar negeri kini bisa mendaftar di aplikasi PeduliLindungi. Informasi yang diterima, Senin (13/9/2021), Kementerian kesehatan besok akan merilis situs vaksinin.dto.kemkes.go.id.
Dengan situs ini, WNI dan WNA yang telah memperoleh vaksin di luar negeri, bisa mendaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Nah, bagaimana agar WNI dan WNA bisa mendaftar aplikasi PeduliLindungi? Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, baik WNI dan WNA yang telah memperoleh vaksin di luar negeri masuk ke situs vaksinin.dto.kemkes.go.id, untuk mendaftar dan mengajukan verifikasi. Setelah mendaftar dan mengajukan verifikasi pada situs tersebut, WNI dan WNA akan dimintakan data-data.

Kemudian, Kementerian Kesehatan akan melakukan verifikasi data. Untuk WNI, verifikasi data akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, sementara untuk WNA, verifikasi data akan dilakukan kedutaan besar masing-masing.

Ketiga, setelah data diverifikasi, Kemkes akan melakukan approval (persetujuan) yang hasilnya akan dikonfirmasi dan dikirim melalui email pendaftar.

Setelah, di-approve dan hasilnya terkonfirmasi melalui email, maka WNI dan WNA bisa mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Kemudian, pendaftar melakukan login di aplikasi Peduli Lindungi, WNI dan WNA diminta mengaktifkan status vaksinasi, dan melengkapi akun sesuai data.

Untuk mengunduh sertifikat vaksin maka WNI dan WNA bisa pilih menu “Cek Sertifikat” kemudian lengkapi data.

Setelah sertifikat vaksin telah terverifikasi, jika WNI dan WNA hendak masuk mal atau jalan-jalan ke lokasi rekreasi, maka tinggal buka aplikasi Peduli Lindungi, pilih menu “Scan QR Code” untuk Check-in.