Pasca Diserang KKB, Kemenhub Pastikan Kondisi Bandara Bilorai Papua Aman

0

PAPUADAILY –Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kondisi Bandar Udara Bilorai di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua sudah aman pasca insiden penyerangan dan pembakaran yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan penyerangan itu telah mengakibatkan kerusakan fasilitas bandara.

“Kondisi Bandar Udara Bilorai saat ini sudah aman dan seluruh personel bandara sudah evakuasi ke tempat yang aman,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam siaran persnya, Minggu (31/10/2021). Dikutip Kompas.com.

“Namun demikian, untuk memastikan pelayanan dan keamanan bandara tetap terjaga, petugas gabungan dari TNI/Polri masih terus bersiaga,” sambung dia.

AirNav Indonesia sempat menerbitkan NOTAM C1184/21 tentang penutupan Bandar Udara Bilorai dikarenakan alasan keamanan. Seluruh penerbangan lantas dihentikan sementara, kecuali untuk penerbangan darurat yang berlaku mulai 29 Oktober 2021 sampai dengan 1 November 2021.

Akibat insiden penyerangan oleh KKB tersebut, beberapa fasilitas bandara mengalami kerusakan diantaranya mobil ambulance, mobil tangki air, dan gedung power house atau genset.

Sementara itu, pemeriksaan fasilitas navigasi penerbangan secara menyeluruh telah dilakukan oleh AirNav Indonesia dibantu pihak keamanan.

“Kantor AirNav di Bilorai beserta seluruh fasilitas dan peralatan navigasi dalam kondisi baik dan tidak terdampak oleh insiden tersebut,” kata Novie.

Sebagai antisipasi, lanjut dia, sebagian fasilitas seperti radio komunikasi dan peralatan navigasi penunjang lainnya, telah dievakuasi ke Polsek Sugapa sampai kondisi di kawasan tersebut kembali normal.***