Papua Cetak Sejarah Baru, Lampaui Target dan Sukses Tuan Rumah PON

5

PAPUADAILY –Sebagai tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Kontingen Papua patut berbangga, Walau belum mampu menandingi keperkasaan para atlet Jawa Barat dan DKI Jakarta, para atlet Papua telah menunjukkan prestasi terbaiknya. Papua berhasil melampaui target yang dibebankan.

Hingga Rabu (13/10/2021) pukul 20.14 WIT, Kontingen Papua sudah merebut 86 medali emas dari berbagai cabang olahraga. Itu artinya melampaui target 84 medali emas yang ditargetkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua.

Setelah berjuang selama 22 hari sejak 22 September 2021 lalu, para atlet Papua juga telah meraih 57 medali perak dan 93 medali perunggu PON XX Papua. Total jumlah medali yang direbut para atlet Papua mencapai 236 keping. Bukan tidak mungkin perolehan medali mereka masih bertambah di sisa hari terakhir PON.

Pencapaian para atlet Papua merebut 86 medali emas itu menjadi pencapaian bersejarah bagi Kontingen Papua selama mengikuti kompetisi multi cabang PON. Raihan 86 medali emas itu mengokohkan Kontingen Papua berada di urutan keempat perolehan medali PON XX. Posisi tiga besar masih ditempati Jawa Barat teratas, Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menyatakan pihaknya mematok target bagi atlet Papua untuk meraih 84 medali emas PON XX Papua. Target itu ditetapkan setelah KONI Papua mengevaluasi hasil pemusatan latihan dan laga uji coba 945 atlet (541 atlet putra dan 404 atlet putri) PON.

“Target yang kami harapkan, [atlet Papua] bisa mendapatkan 84 medali emas dari 37 cabang olahraga dan 56 disiplin yang diikuti Kontingan Papua,” ujar Kogoya saat melepas Kontingen Papua pada September lalu. Dikutip Jubi.co.

Sebelumnya, pencapaian tertinggi Papua di ajang PON diraih pada PON XI Jakarta 1985. Saat itu, Kontingen Papua menjadi peraih medali terbanyak ke-5, dengan raihan 23 medali emas, 24 medali perak dan 26 medali perunggu.

Kontingen Papua juga tercatat pernah dua kali meraup 23 medali emas PON, yakni pada PON XII Jakarta 1989 dan PON XVI Sumatera Selatan 2004. Pencapain para atlet Papua dalam PON XX Papua kali ini menggenapi keberhasilan Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON.***