Panglima TNI: Nakes Merupakan Jantung dari Sistem Kesehatan Nasional

2

PAPUADAILY –Tenaga kesehatan (nakes) merupakan jantung dari sistem kesehatan nasional. Untuk itu, diperlukan perhatian kepada pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat (SDM) kesehatan guna menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat melantik 122 Perwira Prajurit Karier (Khusus Tenaga Kesehatan), di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/11/2021).

Panglima TNI mengatakan para perwira akan kembali dituntut untuk segera siap melaksanakan tugas. Program pendidikan selanjutnya harus dapat dikombinasikan dengan pengabdian langsung di tengah masyarakat bila diperlukan. “Di situlah letak perwujudan dari kode etik perwira, Budhi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan moral dalam menapaki kehidupan keprajuritan,” ujarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan para perwira sekalian juga merasakan sendiri, bagaimana pendidikan harus menyesuaikan dengan situasi pandemi dan tuntutan tugas. “Lembaga pendidikan dan siswanya harus beradaptasi, kita semua harus beradaptasi. Para perwira sekalian adalah prajurit TNI yang mendapat kehormatan untuk merasakan penugasan di masyarakat secara langsung saat masih dalam pendidikan. Hal ini dapat dilihat dan dialami sendiri, kehadiran prajurit TNI di tengah masyarakat sangat diperlukan untuk membantu mengatasi kesulitannya,” ucapnya.

Ada pun Perwira yang meraih predikat berprestasi ditiap Matra yaitu Letda CKM dr. Lambang Ksatria Bregas (TNI AD) mendapat penghargaan Trisura Jalu Wiratama, Letda Laut (K) dr. Wiliam Sugiharto (TNI AL) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama dan Letda Kes dr. Nadief Akbar Azzami (TNI AU) mendapat Penghargaan Trisura Jalu Wiratama. Sedangkan dari Wanita Letda CKM (K) dr. Made A Sinta Mahastuti mendapat Penghargaan Trisura Wanodya Wiratama.

122 Perwira Khusus Tenaga Kesehatan 2021 tersebut terdiri dari 62 Perwira TNI AD (43 pria dan 19 wanita); 40 Perwira TNI AL (34 pria dan 6 wanita); 20 Perwira TNI AU (18 pria dan 2 wanita). Hadir pada acara tersebut, antara lain KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Dankodiklat TNI Letjen TNI Madsuni, S.E., para Asisten Personel Angkatan dan pejabat utama TNI lainnya.