Pangdam Tanjungpura lepas keberangkatan 84 personel Apter ke Papua

1093

PAPUADAILY –Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melepas keberangkatan sebanyak 84 personel Satuan Tugas Penebalan Aparat Teritorial (Apter) Kodim persiapan di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

“Hari ini sebanyak 84 personel Apter dari satuan jajaran Kodam XII/Tpr diberangkatkan untuk mengisi sejumlah Kodim persiapan yang ada di wilayah Indonesia Timur, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat,” kata Pangdam Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, di Pontianak, Senin.

Pangdam menjelaskan, tujuan penugasan mereka adalah untuk melaksanakan tugas teritorial dan bekerjasama dengan pemerintah, kepolisian dan tokoh masyarakat dalam membina masyarakat di daerah penugasan, sesuai dengan potensi daerah untuk menciptakan keamanan di wilayah tugasnya, sekaligus juga membantu mengatasi kesulitan masyarakat sekitar.

Dia menambahkan, kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan TNI-AD kepada Satgas Penebalan Aparat Teritorial ke-6 Kodam XII/Tpr akan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

“Oleh karena itu, kalian harus siap lahir maupun batin untuk mengerahkan segala sumber daya dan kemampuan terbaik yang kalian miliki untuk keberhasilan penugasan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Pangdam XII/Tpr berpesan kepada seluruh personel Apter, diantaranya untuk senantiasa melaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing dan setibanya di daerah penugasan, agar beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi wilayah, mengenali berbagai permasalahan dan potensi ancaman yang mungkin timbul serta menganalisa situasi dengan cepat, tepat dan akurat agar terhindar dari kesalahan dalam setiap bertindak.

“Setiap permasalahan yang dihadapi segera adakan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, sehingga diperoleh solusi terbaik. Jangan pernah ragu menunaikan tugas mulia ini, karena pada hakikatnya tugas yang kita laksanakan adalah ibadah, serta jaga nama baik Kodam XII/Tpr dengan menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji,” pesannya.