Padang Savana, Pesona Alami Tersembunyi di Merauke

14

PAPUADAILY –Padang Savana di Merauke mempunyai daya tarik tersembunyi. Kala musim kemarau tiba, rawa yang sebelumnya dipenuhi air, mulai mengering. Pemandangan indah padang savana seperti ini dijumpai hampir di sebagian wilayah Kabupaten Merauke.

Pesona padang savana terletak dari sejumlah pohon rindang berdiri kokoh di lokasi yang sebelumnya merupakan rawa. Pesonanya makin terpancar ketika matahari mulai terbenam atau sunset. 

Salah satu padang savana yang mempunyai daya tarik kuat adalah Rawa Teal. Di Rawa Teal keindahan begitu alami. Beragam hewan atau fauna bisa dijumpai di Rawa Teal, mulai dari berbagi jenis burung hingga berbagai jenis ikan. Bahkan pada waktu tertentu terdapat burung migran dari Australia.

Maksi Mahuze, sang pemilik dusun mengungkapkan, dusun yang yang ditinggali ini di kelilingi oleh rawa dan akan menjadi padang savana kala musim kemarau. Rawa ini luasnya mencakup sejumlah distrik atau kecamatan.

“Kami di sini hanya mengambil sumber daya alamnya. Ketika musim kemarau ikan melimpah. Itu yang kita ambil untuk makan dan sebagiannya dijual,” ungkap Maksi Mahuze. Dikutip KabarPapua.co.

Anugerah Tuhan di Hutan Belantara

Sejatinya, Rawa Teal terletak di tengah hutan belantara. Wilayahnya mencakup mulai dari Distrik Sota hingga Distrik Jegebob. 

“Ini kita sudah di belakang Distrik Jagebob 12. Kalau malam orang di sana putar musik, kita bisa dengar sampai di sini,” ungkap Maksi sambil menunjuk ke arah timur.

Soal keindahan alam di Rawa Teal, Maksi menganggap sebagai anugerah dari Tuhan yang harus tetap dijaga sampai anak cucu. Apalagi Rawa Teal menjadi sumber kehidupan masyarakat setempat.

“Jarang ada orang dari luar sana mau kesini, karena tempatnya terlalu jauh. Hanya ko (kamu) anak yang mau ke sini. Ko bahkan mau bermalam dengan kita di bevak,” ucap Maksi sembari tersenyum.

Untuk menuju Rawa Teal, dapat ditempuh 2 jam perjalanan menggunakan perahu kayu bermesin.

Sepanjang perjalanan menuju Rawa Teal, kamu akan dimanjakan beragam keindahan alam. Nah, itulah pesona padang savana di Merauke yang wajib dikunjungi para pecinta alam. ***