OPM Menggila, Pasukan Kalajengking Sakti TNI Tiba di Papua

11

Selain pasukan Batalyon Infanteri 711/Raksatama (Yonif 711/RKS), ratusan prajurit TNI Angkatan Darat yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Yonif 126/Kala Cakti juga sudah tiba di Papua. Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut, 450 anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti tiba di Papua, Senin 22 November 2021.

Dengan menggunakan kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin (592), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti menempuh perjalanan sejak diberangkatkan ke Papua pada 30 Oktober 2021 lalu.

Bersamaan dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama, para anggota Yonif 126/Kala Cakti juga menerima arahan dari Brigjen TNI Izak Pangemanan, selaku Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi (Danrem 172/PWY) sekaligus Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops).

Dalam arahannya, Dankolakops menekankan hal yang sama kepada seluruh personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti, agar melakukan pendekatan humanis kepada masyarakat Papua. Hal tersebut sesuai dengan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman.