OJK: Indonesia Berpotensi Jadi Ekonomi Digital Terbesar Di Asia Tenggara

2

PAPUADAILY –Dengan bonus demografi dan transformasi digital, Indonesia berpotensi menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Begitu yang disampaikan oleh Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Teguh Supangkat dalam webinar yang digelar Infobank bertema “The Future of Retail Banking” pada Selasa (29/6/2021).

“Indonesia berpeluang menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. Hal ini didukung oleh potensi ekonomi digital Indonesia yang tercermin dalam digital opportunity dan assessment digital behaviour,” ujarnya.

Mengutip berbagai laporan, Teguh mengatakan, transaksi ekonomi digital Indonesia diprediksi memiliki kapasitas terbesar di ASEAN dengan nilai transaksi hingga 124 miliar dolar AS.

Peluang itu, lanjutnya, sangat bisa dicapai oleh Indonesia terlebih dengan bonus demografi, di mana generasi milenial dan generasi Z mendominasi populasi. Selain itu, berdasarkan laporan We Are Social, penetrasi pengguna internet di Indonesia pada Januari 2021 telah naik 15,5 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 202,6 juta atau 73,7 persen dari populasi.

“Masyarakat Indonesia semakin banyak memanfaatkan penggunaan gadget dalam mendukung kehidupan sehari-hari,” pungkas Teguh.