Momen Haru Saat 21 Anggota KKB dari Kampung Ambaidiru Papua Mencium Merah Putih

4

PAPUADAILY – Momen haru kembali terjadi di bumi Cenderawasih, sebanyak 21 eks anggota KKB Papua dari Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kepulauan Yapen, Papua akhirnya menyerahkan diri ke polisi dan menyatakan diri kembali ke pangkuan ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai rasa cinta mereka kepada NKRI, dengan penuh haru mereka akhirnya mencium bendera Merah Putih disaksikan oleh Kapolres Kepulauan Yapen dan Dandim 1709/Yapen Waropen serta beberapa tokoh masyarakat, digelar di Lapangan Mapolres Kepulauan Yapen, Sabtu 18 Desember 2021.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan momen ini merupakan hasil dari pendekatan TNI-Polri dan Pemkab Yapen dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saudara-saudara kita sebanyak 21 orang dari Kampung Ambaidiru, Distrik Kosiwo, Kepulauan Yapen, Papua menyerahkan diri dan kembali ke NKRI,” kata Kombes Mustopa Kamal melalui siaran Polri TV, Senin 20 Desember 2021.

Menurut Kamal, Kapolda Papua telah menginstruksikan kepada jajaran untuk melakukan pendekatan dan penguatan ke masyarakat terkait masalah yang dihadapi untuk segera diselesaikan. Salah satunya kehidupan sosial ekonomi

“Ini sangat penting, karena itu Kapolda dan Dandim meminta anggota melakukan pendampingan kepada masyarakat disana, sehingga nantinya mereka dapat hidup layak seperti warga lainnya,” urainya.

“Dengan mereka kembali ke NKRI, tidak ada lagi rasa takut ketika bertemu personel TNI-Polri dan masyarakat lainnya. Kami berharap perekonomian mereka semakin membaik ke depannya. Marilah kita bangkit bersama-sama membangun Papua dengan damai,” jelasnya.