Miliki Venue Berstandar Internasional, Papua Diusulkan Jadi Pusat Latihan Atlet Indonesia Timur

0

PAPUADAILY –Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengusulkan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menjadikan Papua sebagai pusat latihan atlet di Indonesia Timur.

Ia menyampaikan hal itu karena ada sejumlah venue di Papua telah bertaraf internasional.

“Jika memungkinkan untuk cabor (cabang olahraga) aquatik yang venuenya sudah berkelas internasional. Para atlet bisa dipindahkan ke sini (Papua) untuk pelatihan,” kata Marciano di Jayapura, Rabu (13/10/2021). Dikutip Kabarpapua.co.id

Menurut Marciano, tempat latihan yang bagus akan ini melahirkan atlet-atlet masa depan yang dipersiapkan untuk bertanding di Olimpiade Paris 2024. “Saya berharap atlet-atlet yang meraih medali emas di PON XX ini, mereka masuk menjadi bagian dari tim tersebut,” tuturnya.

Marciano mengharapkan adanya kerja sama antara KONI Pusat, Panitia Besar PON serta Kemenpora untuk segera membahas kelanjutan dari venue-venue yang sudah dibangun ini dapat terawat dengan baik.

“Ada sejumlah venue yang bertaraf internasional di Papua ini. Saya selaku Ketua KONI Pusat berharap venue ini jangan sampai terulang kasus kasus seperti pada tuan rumah PON sebelumnya yang tidak terawat, yang mana setelah PON tidak digunakan,” ucapnya.

Marciano juga meminta KONI  Papua segera memberikan perhatian kepada venue yang ada, karena anggaran pemeliharaan berharap kepada daerah, sehingga harus direncanakan dengan matang.

“Saya berharap venue yang bertaraf internasional ini,  KONI Papua harus bekerja sama dengan pimpinan cabang olahraga, sehingga ada pemanfaatan venue yang bagus ini dan menyelenggarakan berbagai event,”  pesannya. ***