Meski 75 Persen WFH, ASN Pemrov Riau Banyak Terpapar Covid-19

7

PAPUADAILY –Pemerintah Provinsi Riau telah menerapkan 75 persen ASN kerja dari rumah dan di kantor 25 persen, namun masih banyak pegawai yang terpapar Covid-19 baik yang bekerja dari rumah maupun di kantor.

“Ada beberapa OPD yang pegawainya terpapar Covid-19, walaupun sudah diterapkan WFH dan protokol kesehatan ketat di kantor masing-masing OPD. Bahkan di Dinas Kominfotik Riau terdapat 10 pegawainya positif Covid-19,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Pekanbaru, Chairul Riski, Jumat (23/7) seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, selain itu di Dinas BPSDM ada 15 orang positif Covid-19 dan yang terpapar Covid-19 sudah diisolasi di tempat pemerintah, ada juga yang isolasi di rumah yang layak.

Riski menjelaskan, sejauh ini penerapan WFH sudah berjalan dengan baik, jika ada yang terpapar juga di rumah dan di Kantor, bisa saja pegawai tersebut terpapar dari luar, atau bertemu dengan orang di rumah.

“Untuk itu ia mengimbau agar seluruh pegawai mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

“Penerapan prokes sudah dijalankan di masing-masing OPD tapi perlu lebih diperketat lagi, mungkin yang terpapar Covid-19 ini bisa kena dari luar saat bertemu dengan orang, atau dari keluarga lainnya yang juga bekerja di luar.

Mirisnya, katanya lagi ada pegawai yang usianya 55 tahun sudah WFH tapi potif Covid-19, kemungkinan yang bersangkutan terpapar dari keluarganya yang juga bekerja di luar.

“Jadi kembali diimbau pegawai-pegawai di lingkungan Pemprov Riau agar kembali menerapkan protokol kesehatan. Yang WFH betul-betul di rumah, yang di kantor tetap menggunakan masker, kalau tidak perlu keluar jangan keluar. Sediakan hand sanitizer di kantor kalau perlu thermogun atau alat cek suhu disiapkan lagi kalau ada tamu yang datang,” katanya.