Menkes: 5 Provinsi Catatkan Tingkat Vaksinasi di Bawah 20 Persen

6

PAPUADAILY –Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa masih ada lima provinsi di Indonesia yang mencatatkan tingkat vaksinasi rendah. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk mempercepat vaksinasi ke daerah-daerah tersebut.

“Ada 5 provinsi di bawah 20 persen untuk suntik pertama di antaranya Lampung dengan 15 persen, Sumatera Barat dengan 18 persen, Maluku Utara dengan 18 persen, dan Papua (dan Papua Barat) dengan 19 persen,” katanya dalam Evaluasi PPKM Level, Senin (13/9).

Menkes mengingatkan agar pemerintah daerah lebih cepat bergerak menyalurkan dosis vaksin yang saat ini masih menjadi stok. Sehingga target tersebut bisa lebih cepat dicapai.

Secara nasional, Indonesia telah menerima sebanyak 169 juta dosis vaksin. Dari angka tersebut, 157 juta dosis di antaranya telah disalurkan ke daerah-daerah.

Namun, masih ada 9 juta dosis yang masih dalam perjalanan ke daerah, dan pemerintah juga menyimpan sejumlah 3 juta dosis sebagai stok dosis vaksin nasional.

“Dari 157 juta dosis yang sudah dikirimkan ke daerah, 116 juta dosis sudah disuntikkan,” kata Menkes Budi.

Menkes juga mencatat ada 41 juta dosis vaksin yang jadi stok di daerah-daerah. Jokowi memerintahkan Menkes dan jajarannya untuk bisa segera menyalurkan 41 juta dosis vaksin ini agar bisa diterima oleh masyarakat.

“41 juta dosis ada sebagai stok di daerah-daerah, diminta agar 41 juta dosis ini agar segera disuntikkan, karena dari Januari-Juni 2021 kita hanya suntikkan 70 juta dosis saja,” katanya.